Analisis Media Vietnam Soal Timnas Indonesia, Kekuatan Fisik Naik Pesat Tapi Ada Petaka Hebat

Media Vietnam, Lao Dong , mengulas kemampuan Timnas Indonesia pasca laga ujicoba melawan Afghanistan. Lao Dong menilai kekuatan fisik Timnas Indonesia meningkat signifikan, tetapi di sisi lain petaka hebat juga menghantam. Timnas Indonesia melakoni laga uji coba pertama dari dua uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (25/5/2021) malam WIB.

Shin Tae yong sekaligus mencatatkan debut internasional sebagai pelatih Timnas Indonesia di laga kontra Afghanistan itu. Dalam laga ini, Shin Tae yong menggunakan formasi 4 4 2 seperti yang biasa ia terapkan saat menukangi timnas kelompok umur. Strategi Shin Tae yong tidak berjalan sesuai rencana di babak pertama dan harus kebobolan dua gol.

Baru tujuh menit pertandingan berjalan, Afghanistan sukses mencetak gol pembuka melalui Noorullah Amiri. Kelengahan lini pertahanan Timnas Indonesia kembali dimanfaatkan oleh tim lawan menjelang turun minum. Kali ini giliran Amruddin Shafiri yang sukses mencatatkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan.

Petaka kembali menghampiri Indonesia ketika babak kedua memasuki menit ketiga usai gol yang dicetak Hussein Zamani. Gol ketiga itu membuat Shin Tae yong langsung merespons dengan melakukan enam pergantian pemain sekaligus. Genta Alparedo > Yakob Sayuri Braif Fatari > M Rafli Pratama Arhan > Firza Andika Nurhidayat > Rachmat Irianto Syahrian Abimanyu > Osvaldo Haay Adam Alis > Witan Sulaeman

Kurang puas dengan pergantian itu, kurang dari 10 menit Egy Maulana Vikri masuk menggantikan Braif Fatari. Perubahan strategi Shin Tae yong membuahkan hasil setelah anak asuhnya sukses mencetak dua gol dalam waktu lima menit. Gol pertama tercipta di menit ke 59 melalui Egy Maulana Vikri memaksimalkan umpan Kushedya Heri Yudo.

Sedangkan gol kedua dicetak oleh Adam Alis memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Egy. Gol kedua cukup membangkitkan semangat para pemain, sehingga beberapa peluang tercipta setelah itu. Sayangnya, gol Adam Alis menjadi gol penutup di laga ini, Timnas Indonesia takluk 2 3 dari Afghanistan.

Meski begitu, kekuatan fisik pemain Indonesia dinilai meningkat secara signifikan oleh media Vietnam, Lao Dong. Itu terbukti dengan mereka menekan lapangan Afghanistan di babak kedua, menyerang dengan intensitas tinggi. Namun, di sisi lain, Indonesia harus dihantam petaka hebat lantaran gelandang Koko Ari mengalami cedera serius.

Pemain berusia 21 tahun itu mengalami cedera ligamen dan harus absen dalam waktu yang lama. Ini merupakan kerugian besar bagi timnas Indonesia, terutama di lini pertahanan setelah Elkan Baggot batal bergabung. Sebagai gantinya, pelatih Shin Tae yong telah memanggil 2 pemain baru, Arif Satria dan Didik Wahyu.

Kedua pemain tersebut akan hadir di UEA untuk bergabung dengan tim mulai Rabu (26/5/2021). Skuad Garuda akan kembali melakoni uji coba internasional kontra Oman pada 29 Mei mendatang. Setelah itu, Egy dkk akan berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan UEA (11 Juni).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.