Gelombang Hingga 6 Meter di Pantai Sukabumi, Ini Imbauan Pihak Berwajib

BMKG memprediksi akan terjadi gelombang tinggi di perairan Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/8/2021). Bahkan, ketinggian ketinggiannya pada hari ini diperkirakan bisa mencapai ketinggian 6 meter. Keganasan di laut selatan ini sudah terjadi di pantai Istiqomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gelombang tinggi merusak bale dan pondasi pos Balawista. Kasatpolair Polres Sukabumi, AKP Try Andri Affandi mengimbau kepada warga pesisir untul waspada dan nelayan untuk tidak melaut saat cuaca buruk. "Prediksi BMKG hari ini ketinggian gelombang sampai 6 meter. Satpolair Polres Sukabumi kepada masyarakat pesisir dan nelayan, terutama nelayan bila cuaca buruk diimbau untuk tidak melaut dulu," ujarnya.

Ia juga mengatakan, bagi warga pesisir untuk mencari ketinggian jika air laut kembali naik ke permukaan. "Bagi masyarakat pesisir pantai untuk meningkatkan kewaspadaannya karena gelombang ini tinggi, bilamana air gelombang naik cepat mencari ketinggian dan selamatkan keluarga yang ada di pesisir pantai," ucapnya. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan jumlah bale dan warung di pesisir pantai yang rusak akibat gelombang tinggi ini.

Menurutnya, gelombang tinggi terjadi di semua titik pantai di Kabupaten Sukabumi. "Ini banyak sekali pedagang pedagang yang ada di pinggir pantai, biasanya ombak besar ini kerusakannya warung warung dan bale tempat wisata. Pendataan jelas, karena pantai kita ini panjang 118 kilo meter.

Merata, karena ini pulau Jawa bagian selatan, perkiraan BMKG hari ini gelombang cukup tinggi di perairan selatan, khususnya pulau Jawa," terangnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.